Riana Listanti, S.TP., M.Sc., Dosen PS Teknik Pertanian UNSOED, Ikuti Retooling/Short-Course Bidang Food Processing di Nanyang Polytechnic Singapore


[tep.faperta.unsoed.ac.id, 04/09/2018] – Riana Listanti, S.TP., M.Sc., Dosen Program Studi Teknik Pertanian (PS TEP) UNSOED sukses meraih Beasiswa Retooling Kompetensi Dosen Vokasi Pendidikan Tinggi Vokasi untuk Program Luar Negeri. Saat ini, Riana sedang mengikuti Retooling/Short-Course Bidang Food Proccessing di Nanyang Polytechnic Singapore, yang diagendakan selama kurang lebih 2 (dua) bulan, dimulai sejak tgl. 13 Agustus s.d. 6 Oktober 2018.

Melalui program ini, Riana dan peserta lain diberikan kesempatan untuk mempelajari banyak hal, terutama tentang “pendidikan vokasi (kurikulum dan praktek laboratorium) dan keterkaitannya dengan dunia industri”, guna meningkatkan kapasitas dan kompetensinya di bidang yang sedang digeluti. Lebih dari itu, Riana juga mendapatkan kesempatan untuk mempelajari tentang “peran dosen sebagai coach bagi mahasiswa”, sehinga mahasiswa dapat lebih berkembang potensi akademik dan skill-nya. “Materi yang dipelajari dalam program ini meliputi Food Processing, Dairy Product, Teknologi Pengemasan, Manajemen Bisnis, Kunjungan industri, Pilot Project, dan Point of Achievement,” jelas Riana.

Dalam Program Retooling/Short-Course ini, materi yang diberikan hanya sekitar 30%, dan selebihnya adalah praktek langsung dalam operasional equipment industri pangan, tidak lagi skala laboratorium, tapi sudah skala industri. Narasumbernya adalah dosen dan praktisi dari School of Chemical and Life Sciences, School of Business Management, School of Information Technology, School of Design Nanyang Polytechnic Singapore, Agrifood and Veterinary Authority (AVA) of Singapore (Badan Karantina dan Sertifikasi Pangan), Tetra Pak SEA Pte Ltd., Food Automation in Singapore, Yakult, VITAFoods 2018 (Expo tentang Food Technology), MUI Singapore untuk Sertifikasi Pangan Halal, serta Profesional Chef untuk pengembangan kulinernya. Selanjutnya, program ini akan diakhiri dengan Uji Kompetensi bidang Food Processing dan Presentasi Proyek, bagi yang terpilih akan mendapatkan dana dari Nanyang Polytechnic Singapore, Setelah mengikuti program secara keseluruhan, peserta diharapkan dapat mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilannya untuk mahasiswa dan masyarakat.

  

Program Beasiswa Retooling Kompetensi Vokasi Dosen Pendidikan Tinggi Vokasi merupakan Program Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) yang bertujuan untuk mendukung program revitalisasi program vokasi di politeknik maupun universitas, memperkuat kualitas program sertifikasi profesi, inisiasi terbentuknya “Teaching Factory (TEFA)”, serta mendorong keunggulan program vokasi yang sesuai dengan potensi daerah dan kebutuhan dunia usaha dan industri. Para peserta Retooling diharapkan dapat mentransfer pengetahuan dan keterampilan tentang teknologi terbaru kepada para mahasiswa dan mengembangkan program vokasi yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja.

Selamat dan Sukses untuk Riana Listanti, S.TP., M.Sc.!….Bravo TEP UNSOED!….Maju Terus, Tak Kenal Menyerah!… (@RN)

Advertisement

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.