“Demo Kendarai Traktor” Meriahkan Gelar Teknologi PKKMB PS Teknik Pertanian UNSOED Tahun 2018


[tep.faperta.unsoed.ac.id, 02/09/2018] – Program Studi Teknik Pertanian (PS TEP) UNSOED melaksanakan Gelar Teknologi Lima Laboratorium yang ada di lingkungan PS pada hari Sabtu, 1 Septermber 2018 pukul 13.00 – 15.00 WIB dalam rangkaian kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa (PPKMB) Fakultas Pertanian Tahun 2018. Gelar Teknologi ini dirancang sedemikian rupa dengan menampilkan berbagai produk unggulan, capaian kinerja, dan profil masing-masing laboratorium, sehingga memberikan pengetahuan dan pengalaman baru bagi mahasiswa baru. Seluruh Mahasiswa Baru PS mengikuti tahap demi tahap acara Gelar Teknologi tersebut dengan seksama dan sangat antusias.

“Demo Kendarai Traktor” yang dikoordinir oleh Laboratorium Alat dan Mesin Pertanian (ALSINTAN) PS TEP UNSOED menjadi stand Gelar Teknologi yang paling meriah dan mendapat sambutan sangat antusias dari mahasiswa baru, bahkan dari beberapa staf dosen maupun tendik/teknisi lain di lingkungan Jurusan Teknologi Pertanian. Demo tersebut meliputi “Praktek Mengendarai Traktor Roda Empat dan Traktor Roda Dua yang dilengkapi dengan implemen (gandengan bak terbuka)”. Beberapa orang dari setiap kelompok mahasiswa baru diberi kesempatan untuk mempraktekan langsung bagaimana cara mengedarai kedua jenis traktor tersebut, sementara sebagian lainnya menaiki gandengan bak terbuka. Praktek ini mencakup cara mengoperasikan taktor dengan lintasan maju, kemudian lintasan mundur, serta cara memberhentikannya.

Kepala Laboratorium ALSINTAN PS TEP UNSOED, Ir. Masrukhi, M.P., dibantu oleh 2 (dua) orang Teknisi Laboratorium, M. Arif Wicaksono, S.TP. dan Imam Zulzaeni, S.TP. (alumni PS TEP) memandu dan mendampingi langsung “Demo Kendarai Traktor” bagi mahasiswa baru. Berikut beberapa cuplikan dokumentasi demo tersebut yang berhasil dihimpun.

  

  

Saat dikonfirmasi usai acara demo, Ir. Masrukhi, M.P. mengatakan bahwa “Demo Kendarai Traktor” telah dirancang khusus agar Mahasiswa Baru PS TEP mendapatkan inspirasi dan pengalaman langsung terkait salah satu praktek dan aplikasi bidang Ketekteknikan Pertanian di lapangan. “Lebih dari itu, demo diharapkan memberikan nuansa tersendiri dalam Gelar Teknologi Laboratorium tahun ini, dan terbukti mahasiswa baru sangat antusias mengikutinya”, tegasnya.

Bravo Laboratorium ALSINTAN!…Bravo TEP UNSOED….Maju Terus, Pantang Menyerah!… (d’kg)

Advertisement

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.