PS Teknik Pertanian UNSOED Sukseskan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun 2018


[tep.faperta.unsoed.ac.id, 01/09/2018] – Program Studi Teknik Pertanian (PS TEP) UNSOED sukses melaksanakan rangkaian kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun 2018 pada hari Sabtu, 1 September 2018 pukul 09.00 s.d. 15.00 WIB, bertempat di Kampus Jurusan dan Gedung Laboratorium Teknologi Pertanian (TP). Kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan PKKMB Jurusan TP sekaligus lanjutan (hari ke-2) dari kegiatan PKKM Fakultas Pertanian yang diagendakan selama 3 (tiga) hari berturut-turut.

Kegiatan PKKMB PS TEP UNSOED meliputi 2 (dua) agenda utama, yaitu: (1) Pengenalan PS TEP, meliputi: Sejarah, Visi-Misi, Kurikulum, Staf Dosen dan Teknisi Laboratorium, Profil Alumni, Motivasi Soft-Skill, dan Pembimbing Akademik; serta (2) Gelar Teknologi 5 (lima) Laboratorium dan Sharing himpunan mahasiswa (HIMA) di lingkungan PS. Agenda pertama dibuka oleh Hety Handayani Hidayat, S.TP., M.Si. selaku Ketua Panitia, dilanjutkan dengan pemaparan oleh Krissandi Wijaya, S.TP., M.Agr., Ph.D. selaku Koordinator PS TEP,  Furqon S.TP., M.Si. selaku Pembina Mahasiswa PS TEP,  Afik Hardanto, S.TP., M.Sc., Ph.D. selaku Ketua Komisi Akademik PS TEP, dan Arief Sudarmaji, S.T., M.T., Ph.D. selaku Sekretaris PS TEP.  Profil alumni dipaparkan secara inspiratif melalui penayangan audio-visual dari beberapa perwakilan angkatan Alumni PS TEP yang mencakup profil, aktivitas terkini, dan kesan/pesan alumni untuk mahasiswa baru.

Pada agenda kedua, mahasiswa baru PS TEP dibagi kedalam 6 (enam) kelompok dan dibimbing oleh mahasiswa angkatan lama untuk mengikuti Gelar Teknologi dari ke-5 laboratorium dan Sharing Himpunan Mahasiswa Agricultural Engineering (HIMAGREEN) secara bergiliran. Di setiap laboratorium, mahasiswa baru diberikan pemaparan tentang profil, visi-misi, staf dosen, dan aktivitas dari setiap laboratorium oleh para Ketua Laboratorium atau yang mewakili. Bahkan, mereka pun dilibatkan langsung dalam demo praktikum laboratorium, contohnya mengendarai/menaiki traktor roda empat dan traktor roda dua dengan implemen (bak gandengan terbuka) yang tampak sangat antusias diikutinya.

Sebanyak 78 (tujuh puluh delapan) Mahasiswa Baru PS TEP mengikuti tahap demi tahap kegiatan tersebut dengan seksama dan penuh semangat. Seluruh sivitas akademika PS yang terdiri atas Staf Dosen, Teknisi Laboratorium, mahasiswa angkatan lama yang tergabung dalam HIMAGREEN, serta tenaga kependidikan terlibat langsung dan turut mensukseskan kegiatan PKKMB PS TEP Tahun 2018. Pada kesempatan ini pun, Dr. Ir. Siswantoro, M.P. selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni (WD III) Fakultas Pertanian UNSOED yang juga Staf Dosen dan salah satu Ketua Laboratorium di lingkungan PS TEP turut hadir dan mendukung kegiatan PKKMB PS.

Berikut beberapa cuplikan kegiatan PKKMB PS TEP Tahun 2018 yang berhasil didokumentasikan.

Pengenalan PS TEP UNSOED:

  

  

Gelar Teknologi 5 (lima) Laboratorium dan Sharing Himpunan Mahasiswa (HIMA) di lingkungan PS TEP UNSOED: Laboratorium Alat dan Mesin Pertanian, ALSINTAN (KaLab: Ir. Masrukhi, M.P. & Tim, kiri atas); Laboratorium Teknik Pengelolaan dan Pengendalian Bio-Lingkungan, TPPBL (KaLab: Dr. Asna Mustofa, S.TP., M.P. & Tim, kanan atas); Laboratorium Teknik Pengolahan Pangan dan Hasil Pertanian, TPPHP (KaLab: Ir. Agus Margiwiyatno, M.S., Ph.D. & Tim, kiri tengah); Laboratorium Teknik Sistem Termal dan Energi Terbarukan, TSTET (KaLab: Dr. Ir. Wiludjeng Trisasiwi, M.P. & Tim, kanan tengah); Laboratorium Teknik Informasi dan Industri Pertanian, TIIP/SIMIP (KaLab. Ir. Sidharta Sahirman, M.Si., MSIE, Ph.D., Poppy Arsil, S.TP., M.T., Ph.D. & Tim, kiri bawah); dan Sharing HIMAGREEN (Ketua HIMA: Rama & Tim, kanan bawah).

  

  

  

Pada penghujung acara, Krissandi Wijaya, S.TP., M.Agr., Ph.D. selaku Koordinator PS TEP manyampaikan rasa bangga dan bersyukur atas terlaksananya seluruh rangkaian kegiatan PPKMB PS dengan lancar dan sukses. “Ini semua adalah berkat dukungan dan kerjasama yang solid dari segenap komponen sivitas akademika PS, antara lain Staf Dosen, Teknisi Laboratorium, mahasiswa/HIMA, dan tendik, serta pimpinan jurusan maupun fakultas. Untuk itu, kami menghaturkan terima kasih yang setulus-tulusnya kepada semua pihak yang telah terlibat, khususnya kepada para Staf Dosen, Teknisi Laboratorium, dan mahasiswa PS TEP”, pungkasnya.

Selamat dan Sukses Sivitas Akademika TEP UNSOED!…Maju Terus, Pantang Menyerah!…(d’kg)

Advertisement

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.