Fakultas Pertanian Gelar “FINAL REPORT PRESENTATION” Program KKN Internasional 2018 antara UNSOED dengan Ibaraki University, Jepang


[tep.faperta.unsoed.ac.id, 27/08/2018] – Fakultas Pertanian UNSOED kembali menggelar acara FINAL REPORT PRESENTATION Program KKN Internasional 2018 antara UNSOED dengan Ibaraki University (IU), Jepang pada hari Senin, 27 Agustus 2018 pukul 08.30 s.d. 11.30 WIB, bertempat di Gedung Auditorium Faperta. Seperti tahun sebelumnya, presentasi ini merupakan tahap akhir dari rangkaian kegiatan KKN Internasional 2018 antara kedua universitas tersebut dengan topik payung Disseminating Appropriate Technology for Strawberry Seedling and Cultivation to Support Agro-Tourism in Serang Village, Purbalingga yang dilaksanakan mulai tanggal 19 Juli s.d. 25 Agustus 2018 di Desa Serang, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.

Kegiatan presentasi ini melibatkan seluruh mahasiswa KKN baik dari UNSOED maupun IU. Diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Opening Speech dari masing-masing Koordinator Mahasiswa KKN, yaitu Nanda Fariz (Teknik Pertanian/TEP, UNSOED) dan Mutsumi FUJITA (Agricultural Engineering/AE, IU), presentasi dalam bentuk panel session pun langsung digelar. Tim mahasiswa UNSOED mempersentasikan hasil KKN terkait: (1) Pertanian dan lingkungan (screenhouse, hidroponik, pertanian organik untuk pembibitan/budidaya stroberi, serta aplikasi teknologi terkait lainnya); (2) Ekonomi (penguatan ekonomi kerakyatan masyarakat desa melalui aplikasi teknologi kemasan, promosi digital melalui sosial media dan e-commerce, dan pemberdayaan UKM melalui pelatihan administrasi keuangan berbasis teknologi mobile application); dan (3) Pendidikan dan kesehatan masyarakat (kebersihan dan pendidikan anak). Sementara Tim IU mempresentasikan hasil KKN terkait: (1) Sloping land untuk budidaya stroberi; (2) Perbandingan kebersihan dan kesehatan rumah tangga, perbandingan agama, dan perbandingan iklim antara Jepang dan Indonesia; (3) Perbandingan kebudayaan/festival antara Jepang dan Indonesia; (4) Perbandingan masakan/food antara Jepang dan Indonesia; (5) Damage packaging; dan (6) Real ninja, origami and poster adverstising. Semua topik disajikan dengan baik dan mudah dipahami, sehingga memberikan pengetahuan dan pengalaman khusus baik bagi para penyaji maupun peserta pesentasi.

  

Antusiasme sivitas akademika terhadap kegiatan presentasi ini cukup tinggi. Hampir sekitar 100 peserta dari berbagai program studi/jurusan/fakultas, bahkan dari luar UNSOED hadir dan turut menyemarakan acara tersebut. Pada sesi diskusi, terdapat beberapa pertanyaan yang cukup inspiratif dari beberapa peserta. Kegiatan ini pun dihadiri oleh Pimpinan Fakultas Pertanian UNSOED (diwakili oleh WD II, Ir. Joko Maryanto, M.Si. dan WD III, Dr. Ir. Siswantoro, M.P.); Direktur IRO UNSOED, Ir. Suprayogi, M.Sc., Ph.D.; perwakilan LPPM UNSOED; DPL KKN Internasional UNSOED 2018, Krissandi Wijaya, S.TP., M.Agr., Ph.D.; Supervisor of the IU International KKN Program, Prof. Tatsuo SATO, Ph.D.; Division Head of IU International Collaborative Education, Prof. Nobuo SAKAGAMI, Ph.D.;  dan perwakilan IU Student Affairs untuk International Exchange, Ms. Misaki SATO.

Pada kesempatan ini juga, Prof. Nobuo SAKAGAMI, Ph.D memberikan pemaparan tentang International Student Exchange of IU dan program-program terkait yang sedang berjalan maupun yang sedang dipersiapkan saat ini. “Terdapat berbagai program internasional yang dapat diakses dan diikuti oleh mahasiswa UNSOED untuk studi di Jepang”, ungkapnya.

  

  

Kegiatan ini diakhiri dengan penyerahan Sertifikat KKN Internasional 2018 oleh Direktur IRO UNSOED kepada perwakilan peserta mahasiswa KKN dan pemberian Cenderamata berupa pelakat dan kenang-kenangan kepada ketiga Delagasi IU oleh WD II Fakultas Pertanian UNSOED. Sebelum ditutup, para Mahasiswa KKN Internasional 2018 dari kedua belah pihak menampilkan performance musik dan lagu bertajuk persahabatan dan kebersamaan. Selanjutnya, di penghujung acara, dilakukan photo session antara para Pimpinan UNSOED dan Delagasi IU dengan mahasiswa KKN dan para peserta presentasi.

  

  

Usai acara Final Report Presentation, Prof. Tatsuo SATO, Ph.D. mengatakan bahwa sejak tahun sebelumnya (2017), kegiatan Final Report Presentation telah mendapatkan apresiasi dan perhatian khusus dari pihak IU (Vice President of IU, Prof. Hiroyuki OHTA, Ph.D. yang hadir pada saat itu), karena kegiatan tersebut dapat memberikan poin dan pengalaman tersendiri bagi mahasiswa KKN IU . “Oleh karena itu, pada tahun ini, kami, Tim KKN IU, menekankan betul kepada semua mahasiswa KKN IU agar dapat mempersiapkan sekaligus mempresentasikan dengan baik hasil KKN Internasional 2018 yang telah didapatkan di lapangan pada acara Final Report Presentation yang baru saja digelar”, pungkasnya.

Selamat dan Sukses untuk Tim KKN Internsional UNSOED 2018…maju terus, pantang menyerah! (d’kg)

 

Advertisement

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.