[KKN Internasional 2018] : Poppy Arsil, Ph.D. Bimbing Masyarakat Desa Serang, Purbalingga dalam Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga


[tep.faperta.unsoed.ac.id, 30/07/2018] – Dewasa ini, limbah rumah tangga telah menjadi permasalahan yang sangat krusial yang dihadapi masyarakat baik di perkotaan maupun di perdesaan, termasuk di Desa Serang, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Oleh karena itu, diperlukan upaya-upaya solutif dan inspiratif untuk mengantisipasi permasalahan limbah rumah tangga. Terkait permasalahan tersebut, Poppy Arsil, Ph.D., Pakar Manajemen Agroindustry yang juga Staf Dosen Program Studi Teknik Pertanian (PS TEP) UNSOED sangat tergerak untuk memberikan penyuluhan sekaligus pelatihan tentang “Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga” kepada masyarakat Desa Serang yang dilaksanakan pada hari Senin, 30 Juli 2018 di Balai Desa Serang, Purbalingga.

Poppy Arsil, Ph.D. mengankat judul “Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga Menuju Zero Waste” dan mengawali pemaparannya dengan menjelaskan dampak negatif dari limbah rumah tangga terhadap lingkungan sekitar yang selama ini dihadapi masyarakat dan menjadi pekerjaan rumah bersama untuk dapat mengantisipasinya. Pemaparan dilanjutkan dengan beberapa alternatif solusi melalui 3R, Reduce, Reuse, and Recycle, yang dapat dioptimalkan oleh masyarakat Desa Serang secara mandiri maupun kolektif. Pada akhir sesi, Poppy Arsil, Ph.D. dan tim mengajak masyarakat setempat untuk mempraktekan langsung Recycle limbah rumah tangga melalui pembuatan beberapa kerajinan tangan atau cenderamata yang memiliki nilai guna yang lebih tinggi dan bahkan nilai ekonomi yang menguntungkan. “Praktek langsung pemanfaatan limbah rumah tangga bersama warga akan lebih mengena dan efektif untuk memberikan pemahaman sekaligus motivasi kepada warga akan pentingnya penanggulangan masalah limbah rumah tangga tersebut”, ungkapnya.

  

  

Kegiatan ini melibatkan sejumlah masyarakat Desa serang terutama anggota PKK, Riana Listanti, M.Sc. selaku anggota tim, dan mahasiswa KKN Internasional 2018, serta dihadiri oleh Kepala Desa Serang, Sugito S.E. dan beberapa perangkat lainnya, DPL KKN UNSOED, Krissandi Wijaya, Ph.D. dan perwakilan International Relation Office (IRO) yang sekaligus memonitor jalannya kegiatan KKN Internasional tersebut.

Lebih jauh, Krissandi Wijaya, Ph.D. selaku DPL KKN UNSOED dan Koordinator PS TEP UNSOED mengatakan bahwa Penyuluhan Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga ini merupakan bagian dari Program Kerja (Proker) KKN Internasional 2018 antara UNSOED dengan Ibaraki University (IU), Jepang yang dilaksanakan mulai tanggal 19 Juli s.d. 25 Agustus 2018 di Desa Serang, Purbalingga.

Maju terus, pantang menyerah!….(d’kg)

 

 

Advertisement

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.