HIMAGREEN PS Teknik Pertanian Faperta UNSOED Sosialisasikan Penulisan Program Kreativitas Mahasiswa dan Karya Tulis Ilmiah


[sumber: unsoed.ac.id, Rab, 23/05/18]-Himpunan Mahasiswa Agricultural Engineering (HIMAGREEN) Fakultas Pertanian (Faperta) UNSOED menyelenggarakan acara “Sosialisasi Penulisan PKM dan KTI (SIPESAN)”, Jum’at (18/5). Kegiatn yang bertempat di Auditorium Faperta merupakan program kerja Divisi Penelitian dan Pengembangan (LITBANG), yang bergerak dibidang akademik yaitu pengembangan kemampuan dan penalaran mahasiswa teknik pertanian UNSOED.

SIPESAN merupakan acara sosialisasi dan pelatihan Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) dan Karya Tulis Ilmiah (KTI) yang biasanya dilaksanakan rutin setiap 1 kali dalam periode kepengurusan oleh HIMAGREEN. Melalui kegiatan ini mahasiswa dapat lebih mengetahui bagaimana cara kepenulisan PKM dan KTI, hal yang harus dipersiapkan dalam mengikuti PKM dan KTI , dan tips trik lolos PKM dan KTI

Acara SIPESAN dibuka oleh Wakil Dekan III bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Ir. Siswantoro, M.P , serta sambutan oleh Presidium BEM KEMA FAPERTA, Pembina dan Ketua HIMAGREEN. Acara ini dihadiri oleh kurang lebih 50 peserta, yaitu dari mahasiswa teknik pertanian khususnya, serta beberapa perwakilan dari mahasiswa jurusan lain.

Acara pertama yaitu penyampaian materi oleh Nugrahaeni Puspita (Peraih emas di PKM-PE ke-30 serta pemenang juara 1 LKTI Nasional SSC 2017). Disampaikan mengenai perbedaan mengenai konsep PKM dan KTI serta tips trik untuk lolos PKM dan KTI. Sebagai narasumber kedua yaitu Sri Mulyani (Peraih juara 3 PKM-M ke-30) yang menyampaikan tentang tips trik menghadapi permasalahan dalam menjalankan PKM, memberikan motivasi – motivasi kepada peserta untuk dapat membuat PKM, serta penjelasan terkait keuntungan yang didapatkan ketika mengikuti PKM serta lolos PIMNAS.

Setelah pemaparan oleh kedua narasumber, acara dilanjutkan dengan pembentukan kelompok yang dipimpin oleh Dr. Ardiansyah, S.TP., M.Si. (Reviewer PKM UNSOED). Kelompok yang dibentuk yaitu terdiri dari 3 orang per kelompok, yang kemudian diberikan waktu untuk mengumpulkan ide dan mempresentasikan ide-ide tersebut didepan kelompok lain yang nantinya akan ada diskusi baik peserta maupun para narasumber untuk diberikan saran dan kritik terkait ide tersebut.

Harapan dari acara ini  yaitu peserta dapat menyerap ilmu dan pengalaman yang diberikan oleh narasumber yang nantinya akan berlanjut ketahap berikutnya yaitu pembuatan dan pengunggahan PKM atau KTI tahun ini. Selain itu diharapkan mahasiswa UNSOED dapat berkontribusi aktif terhadap pembuatan PKM dan KTI sehingga dapat mengharumkan nama UNSOED khususnya pada PKM tingkat Nasional yaitu dengan meraih juara di PIMNAS.

Maju Terus Pantang Mundur, Tak Kenal Menyerah!

Advertisement

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.